Latihan Membentuk Perut Six Pack

Tips Cara Membentuk Perut Six Pack

Bagi kaum adam, memiliki perut Six Pack tentunya adalah dambaan yang senantiasa ingin mereka wujudkan karena perut six pack terlihat lebih seksi, kekar, macho, dan bebas lemak tentunya. Selain olah raga teratur dan dengan pola makan yang teratur, tentunya ada tips tersendiri dalam membentuk perut anda menjadi six pack yakni gerakan-gerakan khusus yang akan mempercepat pembentukan otot perut anda. Berikut cara membuat perut six pack mulai dari tingkat pemula sampai advance. Inilah berbagai gerakan klasik yang telah terbukti sukses melangsingkan dan mengencangkan otot perut. Anda bisa mencobanya.

  • Bench Crunch

Tingkat pemula: Berbaring, punggung bagian bawah menempel di lantai, kedua lengan disilangkan di atas dada, angkat kedua kaki di atas bangku, paha tegak lurus dengan lantai. Embuskan napas, lalu lengkungkan kepala dan punggung bagian atas ke depan dengan punggung ke bawah tetap menempel di lantai. Usahakan posisi kepala sejajar dengan punggung. Tahan beberapa saat, lalu kembali ke posisi awal.

http://koranbaru.com/wp-content/uploads/512d_benzok.jpg

Tingkat menengah: lakukan gerakan dasar di atas, kedua telapak tangan di belakang kepala, jari-jari tidak saling mengikat, siku menghadap ke depan.

Tingkat lanjutan: Lakukan gerakan dasar, kedua legnan di belakang kepala, kedua siku menyamping.

Tips (untuk tingatkan menengah dan lanjutan): Lengkungkan lalu tahan kepala Anda dengan kedua tangan untuk menghindari cedera leher.

  • Reverse Curl

Telentang, lutut ditekuk sehingga paha berada pada posisi tegak lurus dengan lantai. Lengan relaks di sisi tubuh, telapak tangan menghadap ke bawah. Perlahan, angkat tulang panggul beberapa sentimeter, sehingga kedua lutut terdorong ke arah dada. Kembali ke posisi semula, lalu ulangi.

http://koranbaru.com/wp-content/uploads/8854_slomo7.jpg

Tip: Saat mengangkat panggul, konsentrasikan seluruh pikiran Anda pada kerja otot perut. Gerakkan lutut perlahan, sehingga tidak melayang lalu menabrak dada.

Tingkat lanjutan: Tambahkan beban ringan di bagian pergelangan kaki.

  • Trunk Curl With Twist

* Telentang, lutut ditekuk, bahu melebar. Telapak kaki menempel di atas lantai. Lengan ditekuk, kedua siku menyamping, teapak tangan di belakang kepala.
* Embuskan napas, angkat bahu dna punggung atas, putar ke samping. Pusatkan gerakan memutar ini pada bagian atas batang tubuh Anda, jangan mendorong bahu dan siku Anda ke depan. Kembali ke posisi semula.
* Angkat kembali tubuh bagian atas, lalu putar ke arah yang berbeda. Lakukan berselang-seling. Satu putaran pada kedua sisi terhitung satu reptisi.
* Tip: Tarik perut Anda ke dalam bersamaan dengan mengangkat tubuh bagian atas dan tahan kepala pada posisi netral sehingga dagu Anda tidak menekan ke dada.

http://koranbaru.com/wp-content/uploads/e1c9_reserverce.jpg
  • Double Crunch With Twist

* Telentang, kedua kaki diangkat hingga telapak kaki berada di udara, kedua lutut sedikit tertekuk hingga melewati batas panggul.
* Telapak tangan di belakang kepala, kedua siku ke samping.
* Angkat kepala, bahu, dan punggung bagian atas ke arah depan atas. Pada waktu yang bersamaan, angkat pula panggul untuk mengantarkan kedua lutut ke arah dada.
* Tahan, lalu lanjutan dengan memutar salah satu bahu dan siku ke arah lutut yang berseberangan. Kembali ke posisi semula, lalu ulangi mengangkat dan memutar bahu dan siku ke lutut yang berseberangan. Satu putaran ke lutut kiri dan kanan setara dengan satu reptisi.

  • Down and Under Twist

* Telentang, lutut ke kiri ditekuk, telapak menempel di lantai. Tempatkan pergelangan kaki kanan Anda di atas lutut kaki kiri.
* Tangan kanan sedikit di bawah lutut kanan, siku tangan sedikit ditekuk. Tangan kiri di belakang kepala, siku menghadap ke depan.
* Hembuskan napas sambil mengangkat kepala, bahu dan batang tubuh lurus ke depan atas. Pada posisi puncak, dorong siku kiri ke bawah lengan kanan, mengarah ke pahan kanan.
* Kembali ke posis awal, lalu ulangi. Lakukan seluruh reptisi hanya dalam satu sisi. Ubah posisi kaki dan tangan lalu lakukan reptisi untuk sisi lainnya.


  • Leg Press

* Telentang, kedua lengan menempel di lantai serta lurus di sisi tubuh dengan telapak menghadap ke bawah.
* Ulurkan kedua kaki ke atas, tegak lurus dengan pinggul, dengan lutut ditekuk mengarah ke dada.
* Angkat panggul hingga beberapa sentimeter dari lantai lalu luruskan kaki.
* Kembali ke posisi semula dengan menekuk kembali kedua lutut Anda. Jangan biarkan kaki jatuh ke bawah melebihi sudut 45 derajat antara paha dan panggul. Lalu ulangi.
* Tingkat lanjutan dapat melakukan ini dengan menambahkan beban di pergelangan kaki dengan berat yang disesuaikan dengan kemampuan.


http://koranbaru.com/wp-content/uploads/c166_fullverticalcrunch.jpg

Catatan:
1. Yang termasuk tingkat pemula adalah jika Anda sama sekali belum pernah melakukan pembentukan otot atau tergabung dalam program kebugaran, pernah latihan, namun tidak lagi sekurangnya 6 bulan atau lebih; dlam masa penyembuhan dari masalah tulang belakang atau kehamilan.
Latihan yang dianjurkan: No.1 (posisi semula), nomor 2 dan 5.
Set dan reptisi: lakukan satu set yang terdiri dari 10 reptisi secara perlahan-lahan untuk setiap latihan. Istirahat 15 hingga 20 menit untuk setiap latihan. Lakukan 3 hari seminggu.

2. Tingkat menengah, jika Anda telah mulai melakukan pembentukan otot atau kelas latihan aerobik dua atau 3 hari dalam seminggu dalam waktu 6 bulan atau lebih.
Latihan yang harus dilakukan: No.1 (posisi tingkat menengah) 2,3,5,6.
Set dan reptisi: lakukan dua set yang masing-masing terdiri dari 10 reptisi dengan waktu istirahat selama 10 detik di sela-sela set. Lakukan 3 hari seminggu.

3. Tingkat lanjutan, jika Anda telah mengikuti program pembentukan otot 3 hingga 6 hari seminggu dalam waktu 6 bulan atau lebih.
Latihan yang dianjurkan: Semua latihan.
Set dan reptisi: 3 set yang masing-masing terdiri dari 10 reptisi. Lakukan 3-4 hari seminggu.

Tip latihan secara umum:
Ketika mengontraksikan perut, fokuskan pikiran hanya pada menghembuskan napas dan menarik perut ke dalam.

Ini buat makanannya
Nanas dan Pepaya

Bagus untuk penyembuhan otot. Kedua buah tropikal ini mengandung bromelain dan papain, yaitu enzim yang tidak hanya membantu memecah protein untuk proses pencernaan tapi juga memiliki zat anti-peradangan yang bisa memulihkan otot setelah melakukan olahraga.

Salmon

Baik untuk kebugaran kardiovaskular. Peneliti Australia menemukan bahwa asam lemak yang terdapat pada minyak ikan penting dalam menjaga kebugaran jantung, karena akan memiliki efek setelah masuk ke dalam sel jantung. Konsumsilah minyak ikan dalam bentuk kapsul atau makan ikan yang kaya akan asam lemak beberapa kali dalam seminggu.

Butter kacang & jeli atau pasta dengan saus daging

Baik untuk membangun otot dan memperbaikinya. Setelah melakukan latihan makanan yang sempurna adalah yang memiliki berat 400 kalori, 20 sampai dengan 30 gram protein (untuk membangun otot baru) dan 50 sampai 65 gram karbohidrat (untuk memperbaiki otot yang lama). Dan makanan tersebut cocok untuk formula seperti itu.

Air dingin

Baik sebagai daya tahan. Mengkonsumsi air dingin sebelum dan selama latihan dapat membantu meningkatkan daya tahan. Selain itu mengkonsumsi air dingin merupakan cara yang paling langsung untuk bisa mengurangi inti suhu tubuh.

Mengonsumsi susu coklat

Baik untuk menjaga tubuh tetap hidrasi. Minuman yang terbaik setelah olahraga adalah susu. Peneliti di Inggris menemukan bahwa susu bekerja lebih baik dibandingkan dengan air putih atau minuman olahraga untuk mengembalikan tubuh tetap hidrasi setelah berolahraga, karena susu mengandung elektrolit potassium. Penambahan coklat pada susu akan semakin sempurna untuk memberikan keseimbangan protein, lemak dan mempercepat dalam proses pemulihan otot.

Teh hijau

Baik untuk penyembuhan otot. Peneliti di Brazil menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi tiga cangkir teh hijau setiap harinya selama seminggu lebih sedikit memiliki sakit yang disebabkan oleh kerusakan sel dalam melakukan perlawanan. Jadi, mengkonsumsi beberapa cangkir teh hijau setiap hari dapat membantu seseorang lebih cepat sembuh cedera otot setelah melakukan latihan yang intensif. (Dari: detik..com)

sumber: kaskus.us, koranbaru.com

About these ads

About Agung Eko Supriyono
Smart, Friendly, Positif Thinking, Brave

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: