Sokong Warteg agar Bisa Seperti Mc Donald’s

JAKARTA – Warteg alias Warung Tegal adalah bisnis rumah makan yang sudah tak asing lagi di telinga masayarakat Indonesia, khususnya masyarakat lapisan menengah dan bawah di Jabodetabek.

Rencana rencana Pemerintah Provinsi DKI yang akan memungut pajak 10 persen pada awal 2011, jelas ditolak mayoritas pemilik warteg.

Salah seorang pengurus Paguyupan Koperasi Warteg Indonesia, Agus Sugiarto Jailani mengharapkan pemerintah memberikan modal dan mengembangkan usaha warteg hingga terkenal di seluruh dunia. Bukan malah membebaninya dengan pajak.

“Warteg sudah terkenal di Indonesia, bahkan sudah seperti budaya Indonesia, seharusnya pemerintah membantu hingga seperti restoran Mc Donald’s,” ucapnya di Jakarta, Jumat, (3/12/2010).

Agus mengungkapkan, makanan asal negeri Paman Sam itu juga dapat membuka cabang di seluruh dunia, karena Pemerintah Amerika memberikan dukungan. Karena itu, Agus menyesalkan pihak Pemprov DKI yang malah mengambil pajak dari pengusaha Warteg. “Kami sekarang mencoba bertahan, dengan kebutuhan hidup yang terus meningkat,” singkatnya.

Agus menceritakan bahwa penghasilannya dari bisnis rumah makan Warteg, dapat menghasilkan laba kotor rata-rata Rp500 ribu per hari. “Belum kami belanja, gaji pembantu, bayar kontrakan dan lainnya,” keluhnya.

Lebih lanjut Agus mengungkapkan nasib warteg sebagai warisan budaya bangsa bisa batik, angklung apabila tidak mendapat perhatian dari pemerintah. “Nanti diakui Malaysia, soalnya banyak yang tutup,” tutupnya.

sumber:okezone

About Agung Eko Supriyono
Smart, Friendly, Positif Thinking, Brave

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: